Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Sambungan Internet di Windows

November 14, 2017

Tutorial Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Sambungan Internet di Windows
Microsoft Windows mengizinkan administrator mengelola Wi-Fi dan jenis koneksi jaringan lokal lainnya melalui sistem operasi. Mengetahui cara menonaktifkan dan mengaktifkan koneksi di Windows sangat membantu dalam pengaturan dan pemecahan masalah jaringan.

Misalnya, perhatikan bahwa Windows memungkinkan antarmuka Wi-Fi Windows PC secara default. Ketika koneksi Wi-Fi tiba-tiba berhenti berfungsi karena kesalahan teknis, Windows terkadang menonaktifkannya secara otomatis, namun pengguna selalu dapat melakukan hal yang sama secara manual.

Menonaktifkan dan mengaktifkan kembali koneksi Wi-Fi akan me-reset fungsionalitas khusus jaringan tanpa me-reboot komputer. Ini bisa membersihkan beberapa jenis masalah jaringan seperti halnya reboot penuh.

Aktifkan dan Nonaktifkan Network Connections di Windows
Ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkan atau mengaktifkan kembali koneksi jaringan melalui Windows Control Panel. Petunjuk ini berlaku untuk Windows 7 dan versi sistem operasi yang lebih baru (O / S) termasuk Windows 10:


  • Buka Windows Control Panel, yang dapat ditemukan di Start Menu Windows, di dalam menu "This PC", atau menu sistem Windows lainnya tergantung pada versi O / S.
  • Buka Network and Sharing Center - Control Panel akan refresh untuk menampilkan pilihan baru. Pusat Jaringan dan Berbagi dapat dicapai dengan beberapa cara berbeda tergantung versi O / S. Lihat di bawah opsi menu kiri dan kiri "Jaringan dan Internet".
  • Klik opsi "Ubah pengaturan adaptor" pada menu sebelah kiri baru yang muncul. Hal ini menyebabkan jendela pop-up baru muncul menampilkan daftar semua koneksi yang dikonfigurasi pada komputer dengan status masing-masing. Daftar ini sering menyertakan tiga atau lebih entri untuk jenis koneksi Ethernet, Wi-Fi, dan VPN.
  • Pilih jaringan yang ingin Anda nonaktifkan atau aktifkan dari daftar dan klik kanan untuk membuka pilihan menu spesifiknya. Koneksi yang cacat akan memiliki opsi "Enable" dan koneksi yang diaktifkan akan memiliki opsi "Disable" di bagian atas menu yang dapat diklik untuk melakukan tindakan yang sesuai.
  • Tutup jendela Control Panel saat selesai.
  • Untuk informasi lebih lanjut, lihat - Cara Menemukan Adaptor Wi-Fi Terpasang di Windows.


Tips yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mengaktifkan atau Menonaktifkan Koneksi Jaringan Windows
Windows Device Manager dapat digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan koneksi jaringan sebagai alternatif Panel Kontrol. Buka Pengelola Perangkat dari bagian "Perangkat dan Printer" pada Panel Kontrol dan gulir ke bawah ke bagian "Adaptor jaringan" pada pohon perangkat. Mengklik kanan entri individual ini juga menampilkan menu pop-up dengan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jenis koneksi sesuai kebutuhan.

Pertimbangkan untuk menonaktifkan jenis koneksi yang tidak Anda gunakan: ini dapat membantu meningkatkan keandalan jaringan dan juga keamanan.

Versi Windows yang lebih tua termasuk Windows XP Paket Layanan 2 mendukung opsi menu Perbaikan untuk koneksi nirkabel. Fitur ini hanya menonaktifkan dan mengaktifkan kembali koneksi Wi-Fi dalam satu langkah. Meskipun fitur ini tidak ada dalam bentuk Windows yang lebih baru, berbagai penyihir pemecahan masalah di Windows 7 dan versi yang lebih baru menawarkan fungsionalitas yang sama dan lebih banyak.

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔